Erwin Anawijaya Seorang Blogger yang berpengalaman dan senang berbagi informasi seputaran teknologi game dan aplikasi

Jangan khawatir, di sini Anda akan belajar cara root Android dengan mudah

2 min read

Apakah Anda pengguna Android? Pasti Anda pernah mendengarnya atau bahkan sudah melakukan rooting. Ada banyak cara untuk melakukan root pada ponsel. Pada umumnya rooting Android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi root Android. Sebagai informasi yang perlu Anda ketahui, suku ini merupakan aktivitas di mana pengguna smartphone Android mendapatkan kontrol atau akses penuh dari perangkat.

Jadi, jika Anda berhasil melakukan root pada ponsel Anda baik melalui aplikasi root ponsel atau root android tanpa pc (pc), maka Anda dapat melakukan semuanya di ponsel android dengan melalui proses tertentu. Nah, itulah yang membuat rooting ponsel menjadi masalah besar, meskipun Anda juga perlu tahu bahwa rooting ponsel juga memiliki sejumlah risiko.

Untuk lebih memahami dan tidak bingung tentang cara root ponsel Android, berikut penjelasannya.
Fitur Root Ponsel Android
Fungsi root untuk ponsel Android
Sumber gambar: pexels.com

Sebelum kita berbicara langsung tentang cara root Android dengan mudah, ada baiknya untuk mengetahui fungsi rooting ponsel Android secara detail. Root adalah sebuah proses yang memberikan izin penuh kepada pengguna Android, baik itu smartphone, tablet atau mungkin smart TV pada umumnya, yang sebelumnya dibatasi. Artinya, dengan akses root, kita memiliki hak untuk mengubah, mengedit, dan memodifikasi semua yang ada di sistem.

Selain mengubah atau memodifikasi secara manual, akses root juga diperlukan untuk beberapa aplikasi yang biasanya memerlukan akses sistem. Saat Anda mencari di Google Playstore, kata kunci “Root” biasanya muncul di aplikasi. Dengan akses root kita bisa menikmati berbagai kelebihan ponsel yang belum di root. Apalagi bagi Anda yang suka mendalami konten ponsel.
Beberapa cara mudah untuk me-root Android

Tidak perlu bingung karena ada beberapa cara dasar yang bisa Anda lakukan. Mulai tanpa PC, yaitu dengan aplikasi Handy Root atau dengan PC (Personal Computer). Berikut pilihannya:

  1. Cara root ponsel Android tanpa PC
    Rooting android tanpa pc
    Sumber gambar: unsplash.com

Ada tiga cara root hp Android tanpa PC, mulai dari FrameRoot hingga Root Genius hingga KingRoot. Berikut penjelasannya:
Cara root ponsel Android dengan FrameRoot

Dengan FramaRoot Anda dapat melakukan root pada ponsel Anda hanya dengan satu klik. Untuk melakukan root pada ponsel dengan FramaRoot, lakukan sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi FramaRoot dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi FramaRoot, pilih Instal SuperSU atau Superuser tergantung preferensi Anda.
  3. Kemudian akan muncul pilihan Aragorn dan Gandalf (dua nama karakter dari film Lord of the Rings). Sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya, silahkan pilih sesuai keinginan banyak orang, lebih baik pilih Gandalf
  4. Proses root akan segera dimulai, tunggu semua proses selesai. Akan muncul notifikasi yang menunjukkan bahwa Anda berhasil di-root
  5. Kemudian restart ponsel Android dan pastikan Anda dapat melihat aplikasi SuperSU atau Superuser di daftar aplikasi

Cara me-root ponsel Android dengan RootGenius

Secara keseluruhan, rooting ponsel dengan RootGenius tidak jauh berbeda dengan Framaroot. Untuk menggunakan aplikasi root RootGenius, beberapa langkah harus diikuti:

Unduh aplikasi RootGenius ke ponsel Anda.
Buka aplikasi root Android ini lalu klik gambar melingkar.
Setelah itu, akan muncul kotak yang menyatakan bahwa aplikasi ini harus diinstal. Selesaikan penginstalan saat diminta.
Kemudian akan muncul ikon jempol dan mengubah raja pengguna setelah Anda selesai melakukan rooting. Kemudian proses rooting selesai.

Cara root ponsel Android dengan KingRoot

Cara root ponsel dengan aplikasi root KingRoot adalah pilihan selanjutnya. Banyak yang bilang kalau KingRoot adalah aplikasi root Android saat ini. Pasalnya, KingRoot sudah mendukung rooting lebih dari 100.000 smartphone. Cara root Android dengan KingRoot:

Unduh aplikasi root terbaik KingRoot
Setelah itu, Anda bisa langsung menginstal aplikasi root KingRoot di smartphone Android Anda.
Setelah itu tinggal klik tombol "Check" di aplikasi KingRoot, maka aplikasi ini akan memulai proses pengecekan. Anda perlu tahu apakah metode eksekusi root dapat dieksekusi atau tidak.
Jika bisa, maka smartphone Android kamu bisa di root langsung dari KingRoot.

Sumber :

Rate this post
Erwin Anawijaya Seorang Blogger yang berpengalaman dan senang berbagi informasi seputaran teknologi game dan aplikasi

Nama ML Keren Dan Simbol Unik Aesthetic No Pasaran

Memiliki nama ML keren dn simbol unik aesthetic no pasaran merupakan semua dambaan player Mobile Legends. Karena mempunyai nama yang keren pastinya menjadi kesenangan...
Erwin Anawijaya
3 min read